Jun
16
2016
0

PENGERTIAN TEMU BALIK INFORMASI DI PERPUSTAKAAN

             Berkaitan langsung dengan penelusuran informasi, temu kembali informasi dapat diartikan sebagai kegiatan yang bertujuan untuk menyediakan informasi kepada pengguna sebagai jawaban akan kebutuhan informasi pengguna. Temu kembali informasi merupakan istilah yang mengacu pada temu kembali dokumen, sumber atau data yang dimiliki unit informasi atau perpustakaan.

              Sistem temu kembali informasi merupakan sistem yang berfungsi untuk menemukan informasi yang relevan dengan kebutuhan pemakai. Salah satu hal yang perlu diingat bahwa informasi yang dibutuhkan, dengan bantuan alat penelusuran dalam temu kembali informasi yang dimiliki perpustakaan. Perpustakaan yang merupakan pusat penyedia informasi yang multifungsi, sehingga perpustakaan dikenal sebagai unit pelayanan informasi yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat secara luas karena perpustakaan memang terikat dalam tatanan masyarakat yang luas. Perpustakaan harus ada dan dibangun ditengah-tengah masyarakat, karena setiap orang pasti ingin maju dan berkembang, serta ingin menguasai banyak ilmu pengetahuan yang tentunya dapat dilakukan dengan membaca atau belajar pada buku dan sumber informasi lainnya.

            Penggunaan teknologi berupa komputer ternyata sangat membantu pekerjaan pengolahan bahan pustaka dan temu kembali untuk pelayanan informasi. Dengan bantuan komputer maka dapat ditampung informasi yang diperlukan akan terpapar pada layar komputer. Untuk menyampaikan kepada pemakai bahan pustaka apa yang dimiliki perpustakaan, disediakan layanan katalog (OPAC) yang mencatat ciri masing-masing bahan pustaka yang diperlukan untuk mengidentifikasi dan membedakan satu bahan pustaka dengan bahan pustaka lain. Untuk mencari bahan pustaka tertentu dalam koleksi perpustakaan, katalog merupakan alat pencari yang terpenting. Akan menjadi sulit sulit mencari bahan pustaka tanpa menggunakan katalog. Atau dengan kata lain, katalog adalah kunci untuk menemukan bahan pustaka dalam sebuah perpustakaan.

Jun
16
2016
0

Hubungan antara tajuk subjek dan tesaurus dalam pengolahan bahan pustaka dan temu balik informasi di perpustakaan

         Seperti yang telah dipaparkan pada pembahasan sebelumnya menegenai apa itu tajuk subjek, apa itu bahan pustaka dan apa itu temu balik informasi di perpustakaan. Ketiga hal ini tentu saling berkaitan antara yang satu dengan yang lain, dan ketiga hal ini terdapat pada sebuah perpustakaan. Tajuk subjek yang meupakan kumpulan kata yang menunjukkan subjek sebuah buku dan tesaurus alat untuk pengawasan kosakata (vocabulary control). Tesaurus berfungsi membantu meningkatkan kualitas penelusur informasi, yaitu memberikan bimbingan kepada para pengindeks dan penelusur informasi tentang istilah-istilah mana yang harus digunakan. Serta Sistem temu kembali informasi merupakan sistem yang berfungsi untuk menemukan informasi yang relevan dengan kebutuhan pemakai.

            Maka hubungan antara tajuk subjek dan tesaurus dalam pengolahan bahan pustaka dan temu balik informasi di perpustakaan, Kemajuan teknologi telah menyentuh pekerjaan di perpustakaan, dari sebuah perpustakaan akan menimbulkan suatu proses temu kembali informasi, dimana secara spesifik juga akan berkaitan langsung dengan penelusuran informasi. Temu balik informasi yang bisa membantu pembaca,peneliti, atau pencari informasi lainnya untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan dengan cepat, tepat, dan akurat seperti yang diharapkan. Dalam proses temu kembali informasi, pemakai menggunakan dua alternatif penelusuran yaitu melalui jajaran kartu katalog sebagai acuan ke susunan koleksi di rak, dan atau langsung menelusuri di jajaran koleksi. Sedangkan pusat-pusat dokumentasi dan informasi yang telah menggunakan komputerisasi, untuk menunjang sistem temu kembali informasi menggunakan pendekatan lain, salah satu diantaranya adalah tesaurus. (more…)

May
30
2016
0

Pengertian perpustakaan secara luas

Dalam arti tradisional, perpustakaan adalah sebuah koleksi buku dan majalah. Walaupunn dapat diartikan sebagai koleksi buku pribadi perseorangan, namun perpustakaan lebih umum dikenal sebagai sebuah koleksi besar yang di biayai dan dioperasikan oleh sebuah kota atau institusi, serta dimanfaatkan oleh masyarakat yang rata-rata tidak mampu membeli sekian banyak buku atas biaya sendiri. Tetapi dengan seiring berjalannya waktu, berkembangnya teknologi maka penemuan media baru selain buku untuk menyimpan informasi ditemukan media lain seperti tape audio, CD, LP, tape video dan DVD. Dengan begitu pengaksesan informasi dapat dilakukan secara lebih mudah.

     Perpustakaan dapat juga diartikan sebagai kumpulan informasi yang bersifat ilmu pengetahuan, hiburan, rekreasi, dan ibadah yang merupakan kebutuhan hakiki manusia. Oleh karena itu perpustakaan modern telah didefinisikan kembali sebagai tempat untuk mengakses informasi dalam format apapun, apakah informasi itu disimpan dalam gedung perpustakaan tersebut ataupun tidak. Dalam perpustakaan modern ini selain kumpulan buku tercetak, sebagian buku dan koleksinya ada dalam perpustakaan digital.

     Perpustakaan tidak akan terlepas dengan informasi begitupun sebaliknya, manfaat suatu perpustakaan tidaklah sedikit dari berbagai bidang bisa kita dapatkan seperti yang telah dipaparkan pada paragraf sebelumnya dapat dimanfaatkan dalam bidang ilmu pengetahuan, hiburan, rekreasi, dan juga tidak terkecuali ibadah. Masuk kedalam suatu gedung namun kita bisa mendapatkan banyak hal, yang tentunya akan bermanfaat untuk kita kedepannya. Bisa manfaat tersebut sesuai dengan bidang atau profesi yang sedang kita jalankan atau bisa juga diluar itu. Dengan begitu banyaknya fasilitas yang telah digunakan untuk mempermudah pengaksesan suatu informasi, maka semakin mudah juga kita mendapatkan informasi baru, tentu dengan bijak dalam penggunaannya.

May
30
2016
0

Pengertian bahan pustaka beserta penjelasannya mengenai contohnya

Suatu perpustakaan tidak dapat dikatakan sebagai perpustakaan jika tidak terdapat bahan pustaka di dalamnya, karena bahan pustaka bukan hanya sebagai unsur pelengkap dari adanya suatu perpustakaan tetapi juga merupakan unsur utama dari suatu perpustakaan.

Bahan pustaka merupakan bagian dari koleksi perpustakaan yang ada di perpustakaan. Bahan pustaka adalah salah satu koleksi perpustakaan yang berupa karya cetak seperti buku teks (buku pengunjung), buku fisik, dan buku refresnsi yang dikumpulkan, diolah dan disimpan untuk disajikan kepada pengguna untuk memenuhi kebutuhan informasinya.

     Untuk setiap bahan pustaka yang ada di perpustakaan perguruan tinggi harus sesuai dengan kebutuhan setiap program studi yang ada diperguruan tinggi tempat perpustakaan itu berada, sehingga koleksi tersebut dapat dipergunakan untuk membantu pengguna dalam proses belajar dan mengajar. Perpustakaan perguruan tinggi akan dapat memenuhi fungsinya dengan baik bila jenis dan mutu bahan yang disediakan baik pula. Kumpulan bahan pustaka yang terdapat di perpustakaan dikenal dengan istilah koleksi perpustakaan.

     Untuk dapat memberikan informasi semaksimal mungkin kepada pengguna, maka perpustakaan harus berusaha menyediakan koleksi yang beraneka ragam, jenis dan bentuk, serta kandungan informasinya sesuai dengan kebutuhan. Dengan begitu informasi dapat dimanfaatkan secara maksimal dan sewajarnya. Menurut Yulia (1995: 3) Jenis bahan pustaka terbagi menjadi tiga yaitu bahan pustaka cetak, bahan pustaka noncetak, dan bahan pustaka bentuk mikro. bahan pustaka cetak dapat berupa buku dan terbitan berseri, sedangkan buku noncetak dapat berupa rekaman suara, gambar hidup dan rekaman video, bahan grafika, dan juga bahan kartografi. Dan bentuk mikro adalah salah satu istilah yang digunakan untuk menunjukkan semua bahan pustaka yang menggunakan media film dan tidak dapat dibaca dengan mata melainkan harus memakai alat yang dinamakan micro-reader. Sedangkan yang dimaksud dengan koleksi perpustakaan perguruan tinggi menurut buku pedoman perpustakaan perguruan tinggi (2004: 38) adalah sebagai berikut :

  1. Buku teks, baik untuk mahasiswa maupun dosen, baik yang diwajibkan maupun yang dianjurkan untuk mata kuliah tertentu, contohnya :
  2. Buku refrensi, termasuk buku umum, refrensi bidang studi kasus, alat-alat bibliografi seperti indeks, abstrak, laporan tahunan, kamus, ensiklopedia, katalog, dan lain-lain.
  3. Pengembangan ilmu, yang melengkapi dan memperkaya pengetahuan pemakai selain dari bidang studi dasar.
  4. Penerbitan berkala, seperti majalah, surat kabar dan lain-lain.
  5. Penerbitan perguruan tinggi, baik perguruan tinggi dimana perpustakaan bernaung, maupun penerbit perguruan tinggi lainnya.
  6. Penerbitan pemerintah, terutama penerbitan resmi, baik yang bersifat umum maupun yang menyangkut kebutuhan perguruan tinggi yang bersangkutan.
  7. Koleksi khusus, yang berhubungan dengan minat khusus perpustakaan, seperti koleksi tentang kebudayaan tertentu, subjek tertentu, dan sebagainya.
  8. Koleksi bukan buku yang berupa koleksi audio visual (film, tape, kaset, video tape, piringan hitam, dan sebagainya).

(more…)

May
29
2016
0

Cerpen Bahasa Indonesia

MUSIK SALAH SATU TEMAN HIDUPKU

Musik menurutku adalah suatu nada-nada, syair-syair yang memiliki suatu makna atau arti tersendiri disetiap baitnya. Setiap musik memiliki genre atau jenisnya tersendiri, diantaranya ada yang bernada beat, slow atau campuran, sama halnya seperti jalannya kehidupanku ada saatnya dimana aku merasa senang ada juga saatnya dimana aku merasa sedih, dan setiap saat-saat seperti itu lagu selalu menjadi teman. Seperti disaat aku sedang senang lagu yang berjenis beat akan menjadi peneman dan ketika disaat aku merasa sedih musik berjenis slow pun akan menjadi peneman. Musik tersebut bukan bertujuan untuk menambah atau mengurangi perasaan yang sedang aku rasakan, melainkan benar-benar untuk menjadi teman, dimana disetiap bait lagu tersebut seperti tersurat atau tersirat didalamnya sesuai dengan apa yang aku rasakan.

Dan dilihat dari sisi pandang manfaatnya, bagiku musik mempunyai banyak manfaat bukan saja hanya untuk diriku sendiri melainkan juga untuk orang lain yang ada di seklilingku. Manfaatnya aku rasakan ketika pada saat ada seorang temanku yang bercerita mengenai kehidupannya yang sedikit mengalami kesulitan atau kesedihan,

“Ndah, aku lagi sedih banget nihh (raut wajah sedih).”

“Sedih kenapa ?, sini-sini cerita.”

“iya, kayanya kita bakalan ngga ketemu lagi deh.”

“ kenapa kamu ngomong kaya gitu?, ada apa emang sebenernya?, apa aku ada salah yaa sama kamu yang buat kamu marah sama aku?, atau apa ? (raut wajah cemas).”

“bukan.. bukan, bukan itu alasannya. Alasan aku ngomong kaya gitu karena aku dan keluargaku akan pindah ke luar kota dan mungkin ngga akan kembali lagi kesini.”

“kenapa dadakan kamu dan keluargamu ingin pindah ke luar kota ?”

“orangtuaku atau lebih tepatnya ayahku dipindahkan tempat bekerjanya, dan sehingga membuat aku mau tidak mau harus ikut ayahku merantau ke luar kota.”

“ohh… jadi begitu yaa, sebenernya aku sedih banget dengernya, aku bakal kehilangan sahabat terbaikku, tapi apa boleh buat jika alasanmu demikian. Aku berharap dan selalu mendo’akan yang terbaik untukmu.”

“ aku juga sedih harus ngabarin ini sama kamu, iya akupun sama berharap dan berdo’a yang terbaik untukmu.” (more…)

Written by in: bahasa indonesia |
May
14
2016
0

contoh cerpen bahasa indonesia

KAKAK

Secangkir kopi arabica sederhana yang kupesan telah datang. Aku selalu suka kopi apapun jenisnya. Namun favoritku adalah arabica. Dengan tingkat kafein yang tak terlalu tinggi dan aroma yang lebih harum dari robusta. Ya aroma kopi memang telah menjadi candu bagiku, saat kuhirup aromanya seakan menenangkan jiwa dan mampu melepaskan sejenak pikiranku. Pahit namun ada kenikmatan tersendiri darinya. Kurasa kopi ibarat kehidupan yang tak akan menarik jika pahit tak pernah dirasa. Hujan di luar mebuat secangkir kopi ini terasa lebih menyesakkan. Aku selalu iri pada hujan yang tak pernah turun sendirian. Hujan juga membawa turun semua kenangan akan masa laluku. Hujan dan kopi pahit dan menyesakkan namun seperti rumus matematika ketika negatif dikali negatif makan menghasilakn positif. Ya Hujan adalah romansa indah yang menyedihkan sedangkan kopi adalah penawar sakit yang terasa amat pahit. Bohong jika aku bilang aku tak merindukanmu. Sungguh aku sangat merindukanmu. Aku merindukan racikan kopimu yang nikmat, aku merindukan bersepeda dibawah hujan, aku merindukan pelukanmu, aku merindukan keberadanmu. Ya pada intinya aku merindukanmu.
Kutatap kaca jendela disampingku menerawang jauh menembus hujan yang tengah turun dengan lebatnya di musim hujan ini. Tunggu aku tak bermimpi bukan? Sosoknya terasa amat nyata di balik jendela itu. Dia tak banyak berubah kulitnya yang putih dengan perawatkan sedang. Rambut yang dulu style korea itu kini ia potong pendek classic undercut yang membuatnya terlihat jauh lebih dewasa. Dia berlari menuju kemari. Kini ia berada tepat di balik jendela itu dan tanpa sengaja mata kami saling menatap. Kami terpaku beberapa saat, aku tak tahu apa yang aku rasakan saat ia tiba-tiba tersenyum. Hatiku terasa sesak, ada pahit dan manis yang bercampur kurasakan.
4 years ago
Kumasuki sebuah coffe shop yang sudah seminggu ini selalu rajin kumasuki setiap hari. Aku duduk di meja di dekat barista. Dengan konsep meja bar pengunjung memang dapat langsung bercakap-cakap dengan baristanya langsung. Ada 2 barista kata kak rica, namun yang satu sedang libur katanya. Tapi aku juga tak peduli. Kopi buatan kak rica juga enak .
“Sore stefi ! bagaimana pengarahan tugas ospekmu hari ini ? Oh ya kopi apa yang ingin kau pesan ? latte? machiato ? espresso ? atau capuccino ?”
“huft, cappucino kak satu. Aku sedang ingin yang manis”
“Hahahahaha , cappucino hanya manis di awal saja sayangku, kalau kamu mau yang sedikit manis latte mungkin bisa membantu ? Memang ada apa ?
“Latte ? hmm baiklah boleh saja kak . jadi begini kak , aku ada tugas untuk menuliskan puisi pada kakak tingkat dan setelah diundi nama yang keluar ternyata Farish almahendra dan katanya dia itu orangnya dingin kak.” Kataku padanya yang sedang membuat kopi itu.
Sore itu cafe itu memang tak terlalu ramai , jadi kak rica hanya perlu membuatkan kopi untukku saja. Dia tertawa
“Memang kenapa kalau dia orangnya dingin ? bukankah lebih baik dari pada ia playboy ? “ katanya sambil terus meracik kopi pesananku
“ Ya kalau dia orangnya dingin gimana caranya aku bisa buat dia senyum dengan puisiku coba, disuruh foto sambil senyum soalnya sebagai bukti”
Tanpa kuduga seorang cowok tiba-tiba duduk disebelahku. Pelanggan baru mungkin pikirku . Ah bodo amat aku tak peduli.
Tak berapa lama kopi yang kak rica buat telah siap dan sebuah nama tertulis di latte itu “FARISH”
“Kak ih apaan sih ! kenapa ditulis nama farish ? “
Ia hanya tertawa lalu beralih ke pelanggan di sebelahku
“Jadi Farish ? mengapa kamu malah duduk dikursi pelanggan ? Ayok kerja ! banyak pelanggan yang sudah rindu kopi buatanmu “
“Farish ? what ? dia Farish yang itu ?” tanyaku dalam hati. Aku menoleh padanya sebentar dan dia pun menoleh padaku sambil tersenyum. Ya Tuhan manis banget kopinya eh senyumnya. Lalu dia pun bangkit dan pergi menuju dapur
“Kak dia itu ? “
“Hahahaha iya dia Farish Almahendra, kakak tingkatmu itu. Tenang saja dia nggak jahat sama adek tingkatnya kok hahaha”
“aduh.. mati gue dia dengerin gue dari tadi ga ya? Aduh…aduh” Batinku dalam hati.
Dia tak sedingin yan kukira, sejak saat itu aku menjadi dekat dengannya. Kami terkadang mengobrol sambil menunggu kopi pesanananku. Aku menyukai racikan kopinya. Saat toko ramai aku bisa menunggu kopi pesananku sambil terus memperhatikannya. Mungkinkah aku jatuh cinta padanya ? entahlah kopi, tempat ini dan dia mungkin adalah candu bagiku, kopi tak lagi lengkap saat aku tak bisa melihatnya meracik kopiku
**** (more…)

Written by in: bahasa indonesia | Tags:
Apr
21
2016
0

Contoh press release

ssfsfdsMAYORA INDAH

Gedung mayora, Jl. Tomang Raya 21-23 Jakarta Barat

No. Telp(021)565 5322, No. Fax (021) 565 5323

 

Hal : Launching Produk

Sifat : Penting

Mayora Indah Luncurkan Energen Sereal Variasi Baru

          Mayora Indah meluncurkan variasi terbaru dari salah satu produknya yaitu Energen sereal,energen sereal sudah memiliki beberapa varian rasa dan kini PT. Mayora Indah akan meluncurkan variasi terbaru yaitu Energen Go-Fruit kali ini, Energen hadir untuk melengkapi kebutuhan anda melalui energen Go-Fruit, Produk ini terdiri dari dua varian, yaitu Energen Go-Fruit rasa stroberi dan Energen Go-Fruit rasa pisang. Berbeda dengan Energen sebelumnya yang kandungannya tidak selengkap Energen Go-Fruit ini, Energen Go-Fruit kaya akan vitamin A, B2, Asam Folat, B12, Kalsium serta potongan buah stroberi yang lezat. Energen Go-Fruit for you lifestyle.

            Sejak peluncuran pertama , energen ditargetkan untuk menjadi pemimpin pasar dalam kategori cereal mix, berdasrkan data Nielsen Retail YTD sep 2011 pangsa pasar Energen mencapai 93%. Saat ini Energen sereal hadir dengan 4 pilihan rasa yang dapat dipilih sesuai selera, yaitu Energen vanilla, Energen coklat, Energen kacang hijau dan Energen jahe. Disamping itu, ada pula Energen Oat Milk dengan potongan buah pisang asli atau buah berry asli. Dan yang terbaru adalah Energen Go-Fruit, campuran cereal dengan potongann buah asli dengan berbagai rasa yang dapat dipilih.

             Dalam kegiatan peluncuran Energen sereal varian terbaru, PT. Mayora Indah juga mengadakan kegiatan atau event yang akan diadakan oleh perusahaan kami yaitu berupa kegiatan-kegitan positif yang dilakukan disuatu kota yang bertemakan “Energen Go-Fruit for you lifestyle”. Dan diharapkannya kegiatan tersebut dapat mendukung peluncurannya Energen sereal varian terbaru.

 

Jakarta, 14 April 2016

Corporate communication PT. Mayora Indah

 

Contact : 089703142557 (Corporate communication)

Written by in: kehumasan | Tags:
Apr
20
2016
0

PENELUSURAN DI PERPUSTAKAAN

PENELUSURAN DI PERPUSTAKAAN
1.Tipe penelusuran
-Telusur dokumen : dimulai dengan identifikasi dokumen atau sumber, baru dari seni di dapatkan informasi aktual.
-Telusur informasi : penelusran dimulai dengan informasi yang diperoleh dari bank data, kumpulan data, atau perorangan.
2.Model penelusuran informasi
-Penelusuran informasi konvensional
penelusuran yang dilakukan dengan dan melalui cara-cara konvensional/manual seperti menggunakan kamus,ensiklopedi,kartu katalog, bibliografi, dan indeks.
-Penelusuran informasi digital
Perkembangan teknologi informasi khususnya komputer telah membawa kemudahan tersendiri dalam proses penelusuran informasi.Penelusuran informasi melalui komputer dan media internet telah membawa orang untuk menembus batasan-batasan yang semula ada pada teknik penelusuran informasi secara manual / konvensional. Melalui OPAC, Search Engine, Database Online dan fasilitas lainnya akan lebih mudah mendapatkan informasi yang dikehendaki, dengan jenis dan macam yang cakupannya lebih luas lagi.
3.Beberapa hal penting dalam penelusuran
a.Kunci penelusuran, yaitu merupakan karakteristik informasi atau dokumen yang dapat digunakan untuk keperluan penelusuran dan pemilihan dokumen atau informasi.
b.Pencatatan pertanyaan, merupakan sebuah prosedur yang akan membantu penelusuran dalam penelusuran terutama untuk keperluan berikut ini :
1.Menghindari pengutangan penelusuran.
2.Bahan evaluasi temu balik informasi.
3.Identifikasi kebutuhan informasi dan dokumen.
4.Pencatatan pertanyaan yang akan diajukan pemustaka.
5.Memahami bahasa dokumenter dari pemustaka.
6.Evaluasi pemustaka.
c. Alat penelusuran alat yang digunakan sebagai sarana untuk proses penelusuran informasi.
yakni merupakan alat yang digunakan sebagai sarana untuk proses penelusuran informasi atau dokumen.
PENELUSURAN MELALUI BIBLIOGRAFI
Teknik ini hampir mirip dengan katalog, hanya saja bibliografi lebih luas tidak hanya koleksi perpustakaan tetapi juga di luar perpustakaan. Teknik penelusuran ini memanfaatkan daftar bahan pustaka baik yang berupa buku, jurnal maupun sumber lainnya untuk menelusur lebih jauh informasi dan sumber informasi aslinya.
Alur prosesnya, bibliografi dapat dilihat dalam sebuah karya namun ada juga yang tercetak dalam sebuah buku bibliografi, seperti bibliografi nasional Indonesia.

Apr
17
2016
0

Sekilas definisi kebudayaan

E.B Tylor (pakar antropologi) megatakan :
1.Kebudayaan adalah kompleks yg mencakup pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat-istiadat dan kemampuan2 serta kebiasaan2 yg didapatkan oleh manusia sebagai anggota masyarakat
2.Kebudayaan yg disebutkan diatas, dimiliki oleh masing2 kebudayaan yg ada diberbagai masyarakat
3.Bedanya, masing2 masyarakat memiliki kebudayaan yg berbeda (budaya jawa beda dengan budaya bima, budaya bima beda dengan budaya lombok, dll)
4.Perbedaan budaya disebabkan oleh adanya perbedaan latar belakang (lingkunga, pendidikan, ekonomi,dll)
5.Dalam skala bangsa dan negara, kebudayaan dibagi dua: kebudayaan nasional (umum) dan kebudayaan lokal (sub cultur)
6.Kebudayaan nasional diakui dan dimiliki oleh seluruh masyarakat yang ada didalam bangsa tersebut (Ex. bendera merah2 putih adalah simbol budaya indonesia yg harus diakui oleh warga negara indonesia)
7.Kebudyaan lokal (sub cultur) adalah budaya yg dimiliki oleh masing2 masy daerah Indonesia
Unsur2 kebudayaan yg dianggap sebagai cultural universals:
1.Peralatan dan perlengkapan hidup manusia : pakaian, perumahan, alat2 rumah tangga, senjata, alat2 produksi, transport dan sebagainya.
2.Mata pencaharian dan sistem2 ekonomi : pertanian, peternakan, sistim produksi, sistim distribusi, dan sebagainya.
3.Sistem kemasyarakat : sistem kekerabatan, organisasi politik, sistim hukum,sistim perkawinan.
4.Bahasa :lisan maupun tertulis.
5.Kesenian :seni rupa, seni suara, seni gerak dan sebagainya.
6.Relisi (sistem kepercayaan).
Fungsi kebudayaan bagi masyarakat :
1.Untuk melindungi diri terhadap alam (budaya orang papua, gunung sebagai ibu)
2.Untuk mengatur hubungan antar manusia
3.Sebagai wadah dari pada segenap perasaan manusia
Sifat hakikat kebudayaan (Soerjono Soekanto)
1.Kebudayaan terwujud dan tersalurkan dari perikelakuan manusia
2.Kebudayaan telah ada terlebih dahulu dari pada lahirnya suatu generasi tertentu, dan tidak akan mati dengan habisnya usia generasi yg bersangkutan (BENARKAH ITU?)
3.Kebudayaan diperlukan oleh manusia dan diwujudkan dlm tingkah lakunya
4.Kebudayaan mencakup aturan2 yg berisikan kewajiban2, tindakan2 yg diterima dan ditolak, tindakan2 yg dilarang dan tindakan2 yg diizinkan.
Kepribadian, perikelakukan, dan kebudayaan :
1.Kepribadian merupakan latar belakang perikelakuan manusia
2.Kepribadian menunjukan pada sikap dan pikiran individu,bukan tindakan
Contoh : Apabila seorang harus menyelesaikan perselihan yg terjadi antara 2 orang; keinginannya u/ menyelesaikan perselisihan, kinginan u/ tdk mengacaukan, atapun keinginan u/ mempertajam perselihan tersebut. KEINGINAN2 ITU ADALAH KEPRIBADIANNYA. Sedangkan tindakanya dlm mewujudkan keinginan tersebut merupakan PERIKELAKUANNYA.
Jadi, Kepribadian adalah wujud konkrit dari Perikelakuan.
Apa bila Kepribadian dan keperilakuan dilakukan secara terus meneru, menjadi kebiasaan, dan diakui oleh secara umum maka akan menjadi KEBUDAYAAN MASYARAKAT
Pada perkembangan selanjutnya, KEBUDAYAAN DAPAT MEMPENGARUHI KEPRIBADIAN INDIVIDU. (lingkungan berbasis Budaya islami sedikit banyak mempengaruhi kepribadian islami individu yg ada disekitarnya. Contoh: Budaya pesantren)
Beberapa kebudayaan yang dengan nyata mempengaruhi kepribadian :
1.Kebudayaan2 khusus atas dasar kedaerahan
2.Kebudayaan cara hdp di desa dan di kota (rural and urban society)
3.Kebudayaan khusus kelas sosial
4.Kebudayaan khusus atas dasar agama
5.Kebudayaan khusus atas dasar keahlian (Ex. Kepribadian seorang dosen berbeda dengan kepribadian seorang tani)

Akulturasi kebudayaan, Merupakan proses percampuran antara dua budaya atau lebih .Contoh: Budaya perekonomian indonesia yg mengalami percampuran dengan budaya perekonomian Barat (Ekonomi kerakyatan dan ekonomi liberal).

Apr
07
2016
0

PENJELASAN MENGENAI BAHASA

BAHASA
1.Pengertian
Bahasa merupakan alat komunikasi antar anggota masyarakat berupa simbol bunyi yang dihasilkan oleh indra ucap manusia.
Unsur bahasa
-Bentuk atau bunyi, segmental atau supra segmental.
-Makna
Fungsi
-Umum : ekspresi, komunikasi, integrasi dan adaptasi sosial, control sosial.
-Khusus : sesuai dengan kedudukannya dalam masyarakat atau bangsa.
Ragam, yaitu berupa lisan dan tulisan.
Faktor pendukung-> fonem yaitu bahasa yang kecil -> morfem yaitu suku kata, contoh : -ke, -me -> frasa yaitu kalimat yang tidak berpredikat-> klausa yaitu kalimat yang berpredikat-> paragraf-> wacana -> bahasa.
Aspek keterampilan yaitu seperti menyimak, berbicara, membaca, dan menulis.

2. Fungsi dan kedudukan bahasa
– Fungsi secara umum (Gorys Keraf)
1.Alat ekspresi diri
2.Alat komunikasi
3.Alat integrasi dan adaptasi sosial
4.Alat control sosial
-Fungsi secara khusus
Sesuai dengan kedudukannya dalam masyarakat atau bangsa.
1.Sebagai bahasa nasional (sejak kongres pemuda 28 Oktober 1982), berfungsi sebagai lambing kebanggan nasional, sebagai identitas nasional, sebagai alat pemersatu masyarakat yang berbeda latar belakang budaya dan sosial dan terakhir sebagai alat penghubung.
2.Sebagai bahasa negara seperti yang tercantum dalam UUD ’45 bab XV pasal 36 (bahasa negara ialah bahasa Indonesia).
3.Sebagai pembinaan dan pengembangan bahasa.

3.Ragam Bahasa
– media atau sarana yaitu lisan dan tulisan
-penuturannya yaitu dialek, idialek, terpelajar, resmi, tidak resmi
-pokok persoalan yaitu jurnalistik, hukum, niaga dan sastra.

Powered by WordPress | Theme: FreeUsenext